Tuesday, October 23, 2018

Membuat Gratitude Log: 5 Manfaat Bersyukur


gratitude log bullet journal

Saya pernah membaca sebuah buku. Buku itu menyinggung kalau manusia lebih suka mengatakan "Hari ini adalah hari buruk" dibandingkan bersyukur atas hari yang telah dilalui. Hal itu membuat saya menanggukkan kepala.

Saya pun mendapat ide untuk lebih coba bersyukur dibandingkan menggerutu. Walaupun hari buruk sekali pun, saya mencoba untuk bersyukur. Kareana itu di salah satu lembar bullet journal, saya membuat gratitude log. 


Pengertian Gratitude Log 


Gratitude merupakan bahasa inggris yang artinya bersyukur atau terima kasih. Di dalam komunitas bullet journal, banyak bujoist yang membuat lembar gratitude. Belajar untuk bersyukur setiap hari adalah cara yang bagus untuk membawa kedamaian di dalam diri sendiri.

Saya membuat gratitude log dengan membut judul "thankful" yang artinya terimakasih. Karena bulan Oktober terdapat 31 hari, maka saya membuat 31 kolom. Setiap malam saya berpikir rasa syukur apa yang bisa saya tuangkan pada hari ini.

Semuanya dari hal sederhana saja, seperti memakan makanan yang enak, dapat panggilan wawancara, bermain bersama teman, menghubungi teman lama, atau dipuji oleh orang tua. 

Manfaat Bersyukur


Hampir 1 bulan saya mencoba menuangkan rasa syukur setiap hari. Ada beberapa manfaat yang saya rasakan :

1. Anti-Baper


Namanya perempuan, pasti gampang baper (bawa perasaan). Kalau hari ini adalah hari buruk, pasti bete seharian. Mulai mikir macam-macam seperti "kenapa sih gw diginiin?". Marahnya bisa sampe kebawa tidur.

Kalau kita coba bersyukur, pikiran dan perasaan akan berubah total. Kita akan lebih mengambil hikmatnya dibandingkan masalahnya. Seberapa pun banyaknya masalah yang terjadi sama kita, pasti ada nilai yang bisa kita ambil. Hal tersebut bisa kamu tuangkan dalam gratitude log.

2. Belajar Hidup Positif


Pernah ketemu orang yang hidupnya tidak damai ? yang selalu bersikap curiga, takut diomongi orang, takut dibohongi, berprasangka buruk, hingga takut diculik ? Pasti kalian pernah bertemu orang seperti itu. Bahkan banyak.

Orang-orang seperti itu tidak pernah mencoba bersyukur. Sehingga terus memendam pikiran yang negatif. Dimulai dari bersyukur dan mengucapkan terima kasih, kita menarik hal-hal positif di dalam diri kita. 

Kita akan belajar bahwa masalah bukan hal yang harus ditakuti. Sehingga pemikiran kita selalu positif dan berani untuk mencoba segala hal. Gratitude log bisa menghilangkan rasa tidak nyaman dan khawatir di dalam diri kamu.

3. Menjadi Bijaksana


Kalau kamu telah belajar untuk mengambil hal positifnya saja, maka kamu akan menjadi orang yang bijaksana. Dengan bersikap bijaksana kamu akan menjadi orang yang mudah mempengaruhi orang lain. Bukan berarti mempengaruhi dalam hal negatif ya. Tapi, mempengaruhi dalam hal positif.

Kamu bisa menjadi 'positive people' yang disenangi dan dibutuhkan oleh rekan-rekanmu. Kamu akan menjadi teman andalan untuk curhat dan untuk menyampaikan pikiranmu.

Siapa yang tidak senang mendengan pemikiran orang yang bijaksana dan positif ?

4. Memotivasi untuk Hari Esok


Terbiasa untuk bersyukur setiap hari akan memunculakan rasa penasaran di dalam diri sendiri. Kamu akan menjadi orang yang tidak sabar menunggu hari esok. Kamu akan merasa akan ada sesuatu yang menyenangkan yang akan datang esok hari.

Hal itu dapat membuat kamu menjadi orang yang produktif. Kamu akan selalu bersemangat untuk memulai hari baru dan tahan banting terhadap masalah yang menimpa. 

5. Menghilangkan Hobi Mengeluh


Tidak ada orang yang menyukai seseorang yang pandai mengeluh. 

" Ah, nilai gw jelek. Soalnya susah, ga normal banget".

" Bos gw pelit, tukang ngoceh, suka marah-marah".

" aduh, barang gw dirusakin sama adek".

dan seterusnya..

Memang kalau sebel akan sesuatu, kita pasti suka mengeluh. Tapi kalau terus-terusan mengeluh, bisa membuat telinga seseorang panas. Orang lain lebih menyukai kalau kita menyudahi suatu masalah dengan cepat dan membicarakan hal positif.

Dengan belajar bersyukur, kamu akan bisa dengan cepat mengubah mood kamu. Kamu akan mengeluh sebentar, dan kamu akan teringat bahwa ada hal positif yang kamu dapat. Kamu akan lebih sering mengatakan "Untung aja....".

Ya, kamu akan selalu merasa kamu seseorang yang beruntung.

Bagaimana Cara Membuat Gratitude Log ?


Mudah sekali. Kalau kamu tipe yang baru belajar untuk bersyukur, kamu bisa membuat 1 lembar gratitude log. Tariklah garis dan buatlah 30/31 kolom. Penentuan 30/31 kolom itu disesuaikan dengan bulan ya. 

Kalau bulan Oktober ya 31, kalau bulan november ya 30. Intinya kamu harus bersyukur setiap hari.
Tuliskan tanggal di pojok kanan atas. Tulislah secara singkat apa yang membuat kamu bersyukur.

Usahakan untuk selalu membuat gratitude log setiap bulannya. Rasakanlah sendiri manfaat dan kekuatan dari bersyukur.

Contoh gratitude log  :

Source: Bohoberry.com

Source: bulletjournal.com


No comments:

Post a Comment