Sunday, October 28, 2018

6 Cara Sukses Mengatur Waktu agar Produktif



Pernah ga sih kamu merasa hidup kamu sangat tidak teratur dan berantakan ?
Hasilnya kerjaan atau tugas numpuk terus dan rasanya ga selesai-selesai.
Jadi suka lupaan juga, kena marah sana-sini, ga bisa istirahat.

Kalau kamu sekarang lagi capek dengan keadaan seperti itu, yuk mulai berubah!
Sebenernya caranya gampang banget. Kamu hanya perlu Mengatur Waktu.

Mengatur Waktu




Mengatur waktu disebut juga dengan time management. Dengan mengatur waktu, kamu bisa mencapai tujuan kamu dengan efektif. Bahkan kamu bisa menyisihkan waktu untuk beristirahat tanpa memikirkan apa pun.

Dalam mengatur waktu, kamu akan bermain dengan perencanaan, deadline, pemilahan/pemisahan, sertas kedisiplinan diri. Time management ini sangat cocok untuk kalian yang selalu sibuk kerja, sibuk bisnis, tugas kuliah, tugas sekolah, bahkan tugas rumah tangga sekali pun. 

Intinya saat kamu merasa tugas dan beban begitu banyak dan rasanya tidak pernah berhenti, itu tandannya kamu perlu Time Management.

Cara Mengatur Waktu


1. Buatlah Planner atau Perencanaan



Belilah buku kecil atau Bullet Journal yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Ukuran buku A5 saja sudah cukup kok. Buatlah kalender kecil atau langsung saja tuliskan perencanaan kamu dibuku tersebut. 

Catatlah apa yang kamu lakukan hari ini, besok, atau di waktu yang akan datang. Kamu bisa menuliskan :
  • Tugas yang akan dikerjakan
  • Barang yang ingin dibeli
  • Jadwal sekolah atau kuliah
  • Janji untuk bertemu
  • Jadwal sehari-hari ibu rumah tangga
  • dan sebagainya..
Kesibukan sering membuat kita lupa. Planner bisa berfungsi sebagai pengingat bagi kita. Anggap saja planner mu sebagai sekretaris. 


2. Susun Tugas Prioritas




Dalam 1 hari kamu bisa mendapat 3 hingga 4 kegiatan yang harus diselesaikan. Kamu perlu mempertimbangkan tugas yang kamu dapatkan dalam beberapa hal:
  • Sangat penting/penting/bisa ditunda.
  • Mudah dikerjakan/ sulit untuk dikerjakan.
  • Membutuhkan waktu sedikit/ membutuhkan waktu yang banyak.
  • Hari ini/ besok/ masih lama
Catat dan pertimbangkan tugas dan kegiatan yang kamu dapat. Kerjakan dahulu kegiatan atau tugas yang kamu anggap sangat penting, mudah dikerjakan, membutuhkan waktu sedikit, dan harus diselesaikan hari ini. 

Jangan habiskan waktumu dengan mengerjakan sesuatu yang sulit terlebih dahulu. Kendalikanlah dulu tugas yang bisa kamu kuasai secara cepat.

3. Mengatur Deadline




Mungkin tugas yang kamu dapatkan sudah dapat deadline tersendiri dari seseorang. Tapi, tidak ada salahnya kamu mengatur deadline mu sendiri. Untuk hidup produktif, kamu bisa memasang deadline h-2 sebelum deadline yang diberikan oleh orang lain.

Sebagai contoh, kamu diharuskan untuk mengumpul tugas pada hari Kamis oleh dosen. Aturlah deadline mu dengan menulis "Tugas harus selesai pada hari Selasa". Dengan memasang deadline seperti itu, kamu bisa mengerjakan tugas lain yang sedang diburu deadline.

Biasakan diri kamu untuk memasang deadline yang tepat. Deadline yang tepat adalah deadline yang memberikan kamu kesempatan untuk bernafas setelah tugas selesai.

4. Evaluasi Planner Setiap Malam


Hidup tidak akan bisa sesuai perencanaan 100%. Apakah kamu setuju dengan pernyataan itu ?
Kalau kamu setuju, evaluasi planner harus dilakukan setiap malam. Terkadang ada tugas yang bisa saja dibatalkan atau waktunya ditunda. 

Bukalah perencanaan yang telah kamu tulis dan pikirkan. Mana yang harus dibuang, diundur, diprioritaskan, diberikan deadline, dan ditambah. Baca ulang apa yang harus kamu kerjakan besok. Sehingga kamu bisa mempersiapkan hal-hal yang mendukung kecepatan bekerja.

5. Cari Pertolongan




Manusia tidak dapat hidup sendiri. Kamu memerlukan manusia lain untuk membantumu produktif. Belajarlah untuk meminta bantuan dan bekerja secara berkelompok.

Kalau kamu menemukan tugas yang sulit atau tugas yang memakan waktu sangat banyak, mintalah bantuan orang terdekatmu untuk membantu. Bekerja secara berkelompok akan membuat tugas lebih cepat selesai. Kamu akan memiliki banyak waktu untuk mengerjakan hal lain.

Ingatlah deadline dan jangan sampai perencanaan mu hancur karena keegoisanmu!

6. Dispilin dan Komitmen



Kita sering kali menanam sifat "nanti saja". Hal itu akan berbuntut panjang dan bisa membuat seluruh tugas kita tertunda. Perencanaan bisa berantakan, kacau, dan harus di tata ulang. 

Disiplinlah pada waktu dan buatlah komitmen pada dirimu sendiri bahwa kamu akan tunduk pada perncanaan yang telah kamu buat. Tidak ada yang bisa menghancurkannya dan membuatnya berantakan. 

Yakinlah pada diri sendiri bahwa perencanaanmu akan membawamu pada kedamaian, hal positif, dan istirahat tanpa beban. 


Kunci Produktivitas adalah Mengatur Waktu



Sehari-hari kita terikat oleh waktu. Kita merasa tidak bisa berhenti beristirahat karena waktu terus mengejar kita. Padahal hal itu hanyalah mitos.

Tidak ada yang bisa tidak kamu lakukan selama kamu mengatur waktumu dengan baik. Merencanakan liburan ditengah kesibukan akan menjadi hal yang nyata kalau kamu pintar mengatur waktu. 

Disiplin dan komitmen adalah hal yang penting dalam mengatur waktu. Jangan lupa untuk selalu tulis dan catat apa yang kamu pikirkan. Utamakan tugas yang sangat penting terlebih dahulu.

Kerjakanlah secara pintar, cepat, dan kurangi kegiatan yang sia-sia. 




No comments:

Post a Comment