Thursday, October 18, 2018

6 Alat Tulis untuk Mempercantik Bullet Journal Indonesia


Saya sering menambahkan gambar di bullet journal. Hal ini saya lakukan untuk mempercantik bullet journal. Rasanya menyenangkan melihat tulisan warna-warni dan gambar-gambar lucu disekitarnya.

Kamu tidak perlu jago menggambar atau memiliki latar belakang seni untuk membuat bullet journal. Saya sendiri bukan dari orang yang berlatar belakang seni. Gambar saya juga tidak bagus. Saya menggambar hal yang saya bisa dan saya sukai saja.

Baca juga : 5 Cara Mudah Memulai Bullet Journal 

Untuk memulai bullet journal, kamu tidak perlu membeli perlengkapan dan peralatan tulis yang mahal. Gunakan saja peralatan tulis seadanya, dan beli lah perlengkapan yang bisa dipakai secara jangka panjang. 
Jadi, apa saja perlengkapan dan peralatan tulis untuk bullet journal ?


Perlengkapan Bullet Journal


1. Pensil dan Pena Tinta


Bagi pemula pasti ada perasaan 'takut salah'. Nah, pensil bisa mengubah segalanya. Sebelum kamu menggambar, menuliskan sesuatu, atau menggaris sesuatu, kamu bisa menggunakan pensil terlebih dahulu. Setelah itu baru tebalkan dengan menggunakan pena tinta. 

Kenapa harus pena tinta dan bukan pena biasa ? 

Pena biasa memiliki garis yang lebih tipis dibandingkan pena tinta. Dengan menggunakan pena tinta, garis yang diciptakan lebih terlihat hitam dan tegas. Jangan lupa untuk mendiamkan tinta hingga mengering. Barulah kamu menghapus garis pensil.



2. Drawing Pen


Kalau kamu memang memiliki niat serius untuk menggambar, kamu bisa membeli drawing pen. Drawing pen memiliki ujung yang tipis dan lancip. Berbeda dengan pena tinta biasa yang ujungnya lebih tumpul.

Kamu akan lebih leluasan untuk menebalkan garisan dengan menggunakan drawing pen. Untuk menebalkan garisan, kamu bisa membeli drawing pen berukuran 0.2mm-0.5mm. 

Kalau kamu ingin drawing pen yang tidak merembes dan tidak nembus kertas, saya sarankan untuk membeli drawing pen merek Sakura atau Uni Pin. 


3.Highlighter


Highlighter sangat berguna untuk menggariskan hal-hal penting. Dalam menuliskan perencanaan, pasti ada rencana penting yang harus kamu warnai agar mudah dilihat. 

Untuk merek Highlighter, kamu bisa menggunakan merek apapun seperti stabilo, pilot, faber castel, dan sebagainya. Pilihlah warna-warna yang kamu sukai untuk mempercantik bullet journal. 

Saya pribadi menyukai highlighter merek midliners. Warna midliners lebih lembut dan terlihat ringan dibandingkan warna highlighter merek lain. Tapi kalau kamu lebih suka warna yang terlihat jelas dan tegas, kamu bisa membeli merek stabilo.



4. Brush Pen


Brush pen ini biasanya digunakan untuk mewarnai atau menulis kaligrafi. Brush pen sangat berguna buat kamu yang males serut pensil warna atau menggunakan cat warna. Kamu tinggal mencabut tutupnya dan langsung mewarnai.

Tapi di dunia bullet journal, brush pen lebih digunakan untuk menulis kaligrafi dibandingkan mewarnai. Tulisan kaligrafi sangat cantik untuk dituliskan di judul halaman. 

Merek brush pen ini sangat beragam. Umumnya, para bullet journalist menggunakan merek Tombow, Koi, dan Lyra. Kamu bisa menemukan brush pen ini di toko buku atau toko peralatan tulis.



5. Pensil Warna


Untuk mempercantik bullet journal, kamu memerlukan pensil warna untuk mewarnai gambar yang telah kamu buat. Kenalilah warna-warna dan komposisi warna yang cantik saat mewarnai.

Saya sendiri masih menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar. Kalau kamu merasa sudah memahami dengan benar komposisi warna yang baik, kamu bisa mencoba mewarnai dengan menggunakan water colour.


6. Washi Tape


Washi tape adalah gulungan pita berbahan kertas jepang. Washi tape memiliki banyak jenis gambar dan warna sehingga bisa digunakan untuk hiasan bullet journal. Kamu juga bisa menggunakan washi tape untuk menempelkan sesuatu. Sebagai contoh adalah menempelkan foto.

Fungsi washi tape itu banyak sekali. Kamu bisa menjadikan washi tape sebagai penanda buku, membingkai foto, hiasan garis batas, dan sebagainya. Kalau ada washi tape, kamu sudah tidak perlu menggambar lagi untuk menghias halaman. Washi tape sudah sangat memberikan kesan ramai.




Itulah peralatan yang bisa kamu lengkapi untuk memulai bullet journal. Jangan lupa untuk memperindah bullet journalmu sesuai dengan selera, agar kamu selalu semangat untuk membuka bullet journal.

No comments:

Post a Comment