Sunday, August 19, 2018

5 Manfaat Donor Darah

Sumber Gambar: Dreamstime.com

"Donor darah, yuk!"
"Ga, ah. Takut sama jarum!"
Itulah salah satu alasan orang-orang ketika diajak donor darah. Ada yang bilang takut darah, takut sakit, takut jarum, dan sebagainya. Orang yang tidak pernah donor darah pasti bingung. Kok banyak sih yang mau donor darah ?

Asumsi mereka pasti "orang baik ternyata banyak ya!"

Well, sebenarnya alasan orang donor darah itu ga cuma pengen jadi orang baik kok. Sebelum saya coba mendonorkan darah, saya juga mengasumsikan seperti itu. Orang mau mendonorkan darah karena ingin menjadi orang baik.

Baca juga pengalaman donor darah pertama kali: "Donor Sekarang": Pengalaman Donor Darah dengan Palang Merah Indonesia 

Setelah donor darah, saya dengan kepo browsing manfaat dari donor darah. Saya membaca dari website PMI dan manfaat.co.id. Saya baru tahu bahwa ternyata banyak sekali keuntungan dan manfaat donor darah bagi kita sendiri.


Sumber Gambar: IFP News


5 Manfaat Donor Darah

1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Mendonorkan darah berarti membantu kita dalam membuang darah kotor. Dengan membuang darah dari tubuh kita, tubuh akan mereproduksi sel darah merah yang baru. Sehingga tubuh mendapatkan sel darah merah yang segar yang membantu produktivitas tubuh dengan baik.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jatung adalah tingginya kadar zat besi di dalam darah. Saat mendonorkan darah, zat besi dalam darah ikut terbuang di dalam tubuh. Sehingga donor darah mampu menstabilkan zat besi di dalam darah yang mencegah penyakit jantung.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Donor darah ternyata bisa menjadi metode diet yang baik dan menyehatkan. 
Dengan menyumbangkan darah sebanyak 450ml, maka kita membuang 650 kalori. 
Lumayan sekali ya untuk orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. 
Walaupun begitu, diet dengan olahraga dan makan secara seimbang pun tetap harus dijalani ya! 

4. Pemeriksaan Kesehatan Secara Gratis

Saat mendonorkan darah, petugas pastinya akan mengecek darah kita dan mencuci darah kita sebelum diberikan pada yang membutuhkan. Di dalam pengecekan, petugas dapat mendeteksi kesehatan darah kita. Apakah ada virus seperti HIV, hepatitis C, hepatitis B, dan sebagainya. 
Kalau darah kamu tidak sehat, petugas akan menghubungi kamu untuk memberikan peringatan.

5. Sehat secara Psikologis

Mendonorkan darah berarti membantu sesama yang membutuhkan darah. Dengan mendonorkan darah kita akan mendapatkan kepuasan secara psikologis. Pendonor akan merasakan kebugaran, pikiran jernih, tingkat stress yang baik, dan rasa senang.

Sumber Gambar: slidemodel.com
Informasi manfaat donor darah yang saya dapatkan, membuat saya ingin rutin untuk melakukan donor darah. Karena donor darah tidak hanya bermanfaat bagi yang membutuhkan. Donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita sendiri. 


Sakit ditusuk jarum saat donor darah bukan apa-apa. Bayangkan sesama kita yang sedang membutuhkan darah dan sedang sakit. Mereka hampir setiap hari ditusuk oleh jarum di rumah sakit. 


No comments:

Post a Comment